In Tips & Trick

TIPS SUKSES SIDANG SKRIPSI

Selamat malam sobat ❤
Well, setelah 5 bulan nih gak nulis blog, akhirnya saya realisasikan blog ke 2 saya ini. Hehe..
Tapi kali ini blog saya ditujukan utk sobat sobat mahasiswa semester akhir  yang lagi sibuk sibuk nya persiapan buat sidang skripsi.
Nah Inilah tips tips sukses sidang skripsi yg bisa saya share menurut pengalaman saya :

1. Punya alasan yang kuat dengan judul

penelitian yg kamu pilih
Well, menurut saya ini hal yg paling mendasar yg harus kamu punya sebelum kamu melangkah maju ke sidang skripsi. Kebanyakan kesalahan mahasiswa adalah gak tau atau bingung kenapa dia pilih judul penelitian tersebut.  Karena hal ini kemungkinan besar jadi pertanyaan penguji guys.

2. Menguasai latar belakang penelitian,  identifikasi masalah, rumusan masalah,
batasan masalah dan tujuan penelitian

Hal penting kedua adalah sobat harus menguasai mulai dari latar belakang penelitian sampai tujuan penelitian. Menurut pengalaman saya saat sidang skripsi,  hal hal yang kamu cantumkan pada indentifikasi masalah harus ada juga di bagian latar belakang penelitian ya..  Karena penguji mencocokkan identifikasi masalah dengan latar belakang penelitian nya.  Jangan sampai sobat disuruh revisi hehe.

3. Mendalami teori utama yg dipakai dalam penelitian

Nah yang ketiga ini penting banget lho. Sobat harus tahu betul teori utama yang sobat gunakan dalam skripsi. Mulai dari siapa ahli nya, apa judul bukunya,  tahun berapa terbitannya, bahkan warna cover buku nya jgn sampai lupa.  😂 karena ada penguji yg iseng sampai nanya begitu. Dan satu hal yang pasti sobat harus cantumkan teori utama itu di bagian tinjauan teori, paradigma penelitian, dan jangan sampai sumber nya gak di tulis di daftar pusaka.  Karena itu fatal. Berdasarkan pengalaman saya, Penguji pasti akan memeriksa bagian itu.

4. Menguasai metodologi penelitian

Nah ini nih yang kadang kadang menjadi kelemahan mahasiswa,haha. Sobat harus menguasai betul metodologi penelitian dr skripsi sobat. Mulai dari teknik analisis yang sobat gunakan, pendekatan kualitatif atau kuantitatif.  Kalo penelitian sobat diukur dengan aplikasi statistik sudah pasti kuantitatif. Kemudian, desain penelitian yg digunakan,kalau judul penelitian sobat "pengaruh x terhadap y" sudah pasti desain penelitian kausal atau sebab akibat.  Terus langkah langkah penelitian yg sobat lakukan harus bisa sobat jelaskan didepan penguji. Sobat juga harus tahu teori siapa yang kamu gunakan dalam pengukuran penelitian itu dan pertanyaan yang sobat buat itu harus nyambung dengan indikator dari dimensi variabelnya.

5.  Kuasai hasil penelitian di depan penguji

Karena penelitian itu sobat sendiri yang melakukan, jadi kamu harus tahu betul diluar kepala berapa presentase dr hasil penelitian kamu,koefisien korelasi (r) ,  koefisien determinasi(KD),r tabel,t hitung, t tabel (kalau pendekatan kuantitatif).
Dan satu hal juga yg penting banget jangan sampai sobat salah dalam pengambilan keputusan uji hipotesis.

6. Implikasi manajerial dan saran dalam penelitian

Pada bagian terakhir, implikasi manajerial dan saran yang sobat tulis harus sesuai dengan identifikasi masalah dan hasil penelitian. Sobat bisa menuliskan saran untuk penelitian selanjutnya agar meneliti faktor atau variabel bebas lain yang kamu tidak teliti dan sudah kamu cantumkan pada identifikasi masalah bab 1.

7. Persiapan slide presentasi dan lain lain untuk sidang sebaik mungkin

Ini mungkin hal yg sepele dalam sidang. Tapi slide presentasi yang sobat buat menarik, isinya tidak terlalu panjang, jelas dan poin poin penting bisa tersampaikan pada penguji.  Selain itu persiapkan juga hal hal lain yg menunjang kamu selama berjalannya sidang. Laptop Kertas pulpen dan skripsi kamu sendiri.

8. Latihan presentasi sebelum hari H

Jangan sampai sobat tidak melakukan ini yah... Atau baru latihan saat hari H.  Karena dgn latihan sobat akan lancar dan lebih percaya diri saat sidang. Sobat harus yakin dengan presentasi hasil penelitian yg sobat lakukan.

9. Berdoa, siapkan mental, dan keep healthy

Yeay the last and most important point
Berdoa karena apalah arti semua itu kalo sobat tidak mengandalkan Tuhan,  siapkan mental jangan terlihat lemah dihadapan penguji, bila sobat tidak bisa menjawab pertanyaan penguji jangan berkecil hati atau panik,  dan yg Terpenting jaga kesehatan!!  Jangan sampai sobat sakit pas hari H.


Nah itulah tips tips dari saya.. Kurang lebihnya mohon dimaafkan Semoga bermanfaat. 😊








Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Advertisement

My Instagram

Popular Posts